RSS

Hukum Memasang Foto Di Media Sosial Bagi Kaum Hawa

Mungkin akhwat dan ikhwan sering melihat wanita zaman sekarang memasng fotonya di media sosial seperti facebook, twitter, BBM, dll. Ada yang memasang foto sendiri maupun berpasangan. Bukannya saya ingin memojokan kaum hawa tapi saya cuma ingin memberi tahu apa hukumnya bila kaum hawa memasang fotonya di media sosial untuk yang berpakaian biasa maupun yang berhijab. Karena harusnya kaum hawa  bisa lebih menjaga, bukan calon pasangan IDEAL karena BELUM BISA menjaga IZAHNYA (Kehormatannya) dan membiarkan kecantikanya dinikmati oleh orang-orang yang TIDAK BERHAK.
 

Apakah kalian tidak asing dengan kata tabarruj dan sufur. benar. tabarruj artinya seorang wanita menampakkan sebagian anggota tubuhnya atau perhiasannya di depan laki-laki asing. Dan sufur artinya seorang menampak-nampakkan wajah di hadapan lelaki lain. Tapi tabarruj yang paling sering terjadi karna mencakup wajah dan anggota tubuh lainnya. Tabarruj diharamkan dalam syariat berdasarkan ayat al-Qur’an dan juga hadits, antara lain: “Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu.” (QS. Al-Ahzab: 33)
 
Dan Rusulullah shalallaahu'alaihi wa'salam bersabda: “Ada dua kelompok penduduk neraka yang belum pernah aku lihat: kaum yang membawa cemeti seperti ekor sapi yang memukuli orang-orang dengannya dan para wanita yang berbaju tapi mereka telanjang, berlenggak lenggok kepala mereka bagaikan punuk unta yang bergoyang. Wanita-wanita itu tidak masuk surga dan tidak mendapatkan baunya, padahal bau surga bisa tercium sejauh sekian dan sekian.” (HR. Muslim no. 3971 & 5098).
 
Dan kenapa saya di sini membahas yang memakai berhijab juga karna media sosial adalah situs umum yang dapat dilihat siapapun mau itu perempuan ataupun laki-laki ketika perempuan menaroh fotonya di facebook meskipun hanya wajahnya saja yang tampak (yang lainnya tertutup) maka hal tersebut tetap bertentangan dengan perintah Allah swt untuk menutup diri dari lawan jenis. Allah swt berfirman mengenai adab istri-istri nabi shalallaahu'alaihi wa'salam:
 
"Apa bila kamu meminta sesuatu kepada mereka (istri-istri nabi) maka mintalah dari belakang tabir. Cara demikian itu lebih suci dari hatimu dan hati mereka."  (Q.S Al-Ahzab :35 )
 
Ayat ini berkenan dengan istri nabi, yang notaben hati mereka lebih baik dari hati wanita zaman sekarang lebih suci dan lebih terjaga hatinya. Kenapa saya menyebutkan bahwa yang berhijab juga kena? Karena bila mereka mengupload foto mereka di jejaring media sosial, berarti foto tersebut sudah menjadi otomatis milik public, bukan dan siapa saja bisa melihatnya termasuk kakek-kakek dan siapaun bisa mengambil foto mereka sesuka hati dan mengeditnya sesuka hati. Apakah kalian tidak pernah dengar berita ada oknum-oknum tertentu yang bisa mengedit foto yang tertutup menjadi terbuka? Malah telanjang. Nah sebab itu lah bukan hanya wanita yang berhijab tidak boleh memasang fotonya di sosmed. Apalagi yang pakainnya kayak zaman sekarang karena bisa dimanfaatkan oleh oknum-oknum jahat yang lainnya.

Jadi seharusnya muslimah zaman sekarang lebih menutup diri dari muamalah dengan lawan jenis. Karena hati mereka lebih mudah terkena fitnah & supaya tidak membuat lawan jenis terfitnah.
 
Para wanita…tahukah anda bahwa:
  1. Semakin banyak pandangan lelaki yang tergiur denganmu (jika sengaja pamer kecantikan/keindahan tubuh dan tampil menggoda) semakin bertumpuk pula dosa-dosamu,
  2. Semakin sang lelaki menghayalkanmu, semakin berhasrat denganmu maka semakin bertumpuk pula dosa-dosamu,
  3. Janganlah anda menyangka senyumanmu yang kau tebarkan secara sembarangan tidak akan ada pertanggungjawabannya kelak..!!! Bisa jadi senyumanmu sekejap menjadi bahan lamunan seorang lelaki yang tidak halal bagimu selama berhari-hari, apalagi keelokan tubuhmu,
  4. Bayangkanlah… betapa bertumpuk dosa-dosa para artis dan penyanyi yang auratnya diumbar di hadapan ribuan bahkan jutaan para lelaki??
  5. Jika anda menjaga kecantikanmu dan kemolekan tubuhmu hanya untuk suamimu, maka anda kelak akan semakin cantik dan semakin molek di surga Allah,
  6. Akan tetapi jika anda umbar kecantikanmu dan kemolekanmu, maka ingatlah itu semua akan sirna dan akan lebur di dalam liang lahad menjadi santapan cacing dan ulat, dan di akhirat kelak, bisa jadi berubah menjadi bahan bakar neraka jahannam!
     

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments: